Blue Flower

Pada artikel ini, pak guru juga akan menerangkan sistem terjadinya petir. Waktu hujan tiba, seringkali berlangsung petir. Sesungguhnya, apa yang mengakibatkan terjadinya petir? Apakah petir beresiko untuk kita? Untuk dapat menjawabnya, simak selalu artikel ini.
Momen terjadinya petir adalah momen listrik statis yang hasilkan listrik yang begitu besar. Besarnya hingga juta-an volt. Mengerikan bukan? Ada pohon yang tersambar petir hingga hangus. Pohon itu segera terbakar serta mati.

Sistem terjadiny petir.

Ketika berlangsung petir, kita lihat ada kilatan sinar. Lalu disusul dengan nada gemuruhnya. Kenapa nada petir lebih lambat dibanding dengan kilatnya? Karna kecepatan sinar lebih cepat dari pada kecepatan rambat bunyi di udara. Oleh karenanya, waktu kita lihat petir atau kilat sesudahnya kita baru mendengar gemuruhnya petir.
Pada sistem terjadinya petir, awan di angkasaada yang bermuatan negatif da suara yang bermuatan positif. Sedang pada permukaan bumi bermuatan netral. Karna ada ketidaksamaan potensian pada bumi serta awan jadi juga akan berlangsung petir. Karna awan bergerak selalu dengan pertolongan angin, awan yang bermuatan positif juga akan mengumpul dengan awan muatan positif yang lain. Muatan positif di awan dapat ada dibagian atas atau sisi bawah awan. Demikian demikian sebaliknya bila muatan positf tempatnya ada si atas, jadi muatan negative ada di bagain bawah awan.

Ketika berlangsung lain mungkin yang tinggi pada awan dengan bumi, jadi awan juga akan melepas muatan negatifnya supaya berlangsung kesetimbangan muatan. Electron atau muatan positif yang mengalir ke kumi tersebut yang sebut dengan petir. Sistem loncatan elekron itu lewat media udara. Nada petir datang dari loncatan elekron yang menembus batas isolasi udara. Loncatan electron yang berbentuk bunga api itu begitu besar serta begitu panas. Ketika bunga api itu melalui udara, udara itu juga akan memuai. Pemuaian yang dengan mendadak atau kurun waktu yang singkat tersebut yang mengakibatkan nada petir.


Penyebabnya sistem terjadinya petir :

Ketika ion bebas yang mempunyai muatan negatif serta muatan positif berkumpul di awan. Awan yang bergerak oleh tiupan angin juga akan bergesakan dengan awan yang lain serta terjadinya ionisasi karna titik-titik air yang beralih jadi gas karna alami penguapan atau dapat pula demikian sebaliknya. Kita dapat saksikan awan yang bergerak ada himpunan awan yang besar serta himpunan awan yang kecil. Ketika mereka bergerak serta berjumpa juga akan berlangsung lain mungkin yang tinggi. Ketika berlangsung lain mungkin yang begitu tinggi berikut electron juga akan lepas ke permukaan bumi untuk menyeimbangkan muatan hingga terjadi petir. Kesetimbangan jumlah muatan bila muatan negetif di awan serta muatan positf di bumi sama.